Menghitung Turn Around Time (TRT) Kapal di Pelabuhan
Umumnya, kapal pasti akan bersandar di pelabuhan untuk mengeluarkan muatannya entah itu curah kering, curah basah, kontainer, dll. Namun taukah kalian proses sandarnya kapal dari mulai bersandar hingga meninggalkan pelabuhan? Proses tersebut disebut sebagai Turn Around Time (TRT). Turn around Time sendiri adalah waktu kedatangan Kapal berlabuh jangkar di Dermaga serta waktu keberangkatan Kapal setelah melakukan kegiatan bongkar muat barang.
- Waiting Time
Waiting Time sendiri diartikan sebagai waktu kapal menunggu di pelabuhan sandar hingga pandu masuk kedalam kapal, terdapat Postpone time dalam Waiting Time, yaitu waktu untuk meminta pihak pelabuhan mendatangkan pandu ke kapal.
Postpone Time : 12.00-17.00 = 5 jam
Waiting Time : 17.00-18.30 = 1.5 jam
Total : 5 jam + 1.5 jam = 6.5 jam
- Berthing Time
Selanjutnya adalah Berthing Time, yaitu lama kapal sandar di pelabuhan dihitung sejak pandu masuk kapal hingga kapal keluar dari dermaga.
10 Mei : 20.00-24.00 = 4 jam
11 Mei : 00.00-24.00 = 24 jam
12 Mei : 00.00-15.00 = 15 jam
Total : 4 jam + 24 jam + 15 jam = 43 jam
- Approaching Time
Terakhir, kita harus menghitung Approaching Time, yaitu waktu menunggu pandu masuk kapal, dan waktu pandu keluar kapal.
Pandu Masuk : 18.00-20.00 = 1.5 jam
Pandu Keluar : 15.00-16.00 = 1 jam
Total : 1.5 jam + 1 jam = 2.5 jam
Setelah Approaching Time, Waiting Time, dan Berthing Time diketahui, langkah selanjutnya adalah menjumlahkan ketiga waktu tersebut sehingga didapatkan hasil Turn Around Time.
Turn Around Time = Total Approaching Time + Total Waiting Time + Total Berthing Time
= 6.5 jam + 2.5 jam + 43 jam
= 52 jam
Jadi itulah cara mencari Turn Around Time pelabuhan. Turn Around Time sangat berguna dalam pelabuhan, karena tarif kapal, dwelling time, dll salah satunya berdasarkan Turn Around Time.
Komentar
Posting Komentar