Menghitung Turn Around Time (TRT) Kapal di Pelabuhan

Halo kawan-kawan, kembali lagi bersama Raja Pelabuhan

Umumnya, kapal pasti akan bersandar di pelabuhan untuk mengeluarkan muatannya entah itu curah kering, curah basah, kontainer, dll. Namun taukah kalian proses sandarnya kapal dari mulai bersandar hingga meninggalkan pelabuhan? Proses tersebut disebut sebagai Turn Around Time (TRT). Turn around Time sendiri adalah waktu kedatangan Kapal berlabuh jangkar di Dermaga serta waktu keberangkatan Kapal setelah melakukan kegiatan bongkar muat barang.

Kali ini, saya akan membahas cara menghitung lama Turn Around Time kapal di pelabuhan. Akan diberikan suatu kasus, sehingga pembaca dapat mendapat gambaran tentang TRT tersebut.

Contoh:

MV. TEKKEL JAYA I tiba di area labuh jangkar Pelabuhan Tanjung Priok pkl. 12.00 tanggal 10 April 2015. Agent Kapal setempat mengajukan permintaan dan mendapat penetapan pelayanan pandu pkl. 17.00. Pandu melayani kapal masuk pkl. 18.30 dan kapal bertambat (ikat tali) di dermaga 201 Terminal II pkl 20.00. Persiapan B/M (buka palka) memerlukan waktu 1 jam. Dua hari kemudian pkl.14.00 Kegiatan B/M selesai dan persiapan berlayar (tutup palka dsb.) berlangsung hingga pandu melayani kapal meninggalkan dermaga (lepas tali tambat) pkl. 15.00 dan pandu turun dari kapal di ambang luar pkl. 16.00.

Sebelum menjawab waktu TRT dari kasus diatas, kita terlebih dahulu harus mencari Approaching Time, Waiting Time, dan Berthing Time
  • Waiting Time
Waiting Time sendiri diartikan sebagai waktu kapal menunggu di pelabuhan sandar hingga pandu masuk kedalam kapal, terdapat Postpone time dalam Waiting Time, yaitu waktu untuk meminta pihak pelabuhan mendatangkan pandu ke kapal.

Postpone Time    : 12.00-17.00          = 5 jam

Waiting Time        : 17.00-18.30         = 1.5 jam

Total                     : 5 jam + 1.5 jam    = 6.5 jam

  • Berthing Time

Selanjutnya adalah Berthing Time, yaitu lama kapal sandar di pelabuhan dihitung sejak pandu masuk kapal hingga kapal keluar dari dermaga.

10 Mei    : 20.00-24.00                        = 4 jam

11 Mei    : 00.00-24.00                        = 24 jam

12 Mei    : 00.00-15.00                        = 15 jam

Total        : 4 jam + 24 jam + 15 jam    = 43 jam

  • Approaching Time 

Terakhir, kita harus menghitung Approaching Time, yaitu waktu menunggu pandu masuk kapal, dan waktu pandu keluar kapal.

Pandu Masuk    : 18.00-20.00          = 1.5 jam

Pandu Keluar    : 15.00-16.00          = 1 jam 

Total                  : 1.5 jam + 1 jam    = 2.5 jam 

Setelah Approaching Time, Waiting Time, dan Berthing Time diketahui, langkah selanjutnya adalah menjumlahkan ketiga waktu tersebut sehingga didapatkan hasil Turn Around Time.

Turn Around Time    = Total Approaching Time + Total Waiting Time + Total Berthing Time

              = 6.5 jam + 2.5 jam + 43 jam

                                   = 52 jam 

Jadi itulah cara mencari Turn Around Time pelabuhan. Turn Around Time sangat berguna dalam pelabuhan, karena tarif kapal, dwelling time, dll salah satunya berdasarkan Turn Around Time.

 

 

 

 

 



 

 

 

  

            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menentukan Jarak Antar Koordinat Menggunakan Ms. Excel

Menghitung Energi Sandar Suatu Kapal